Pada kali ini saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah yang sering kita jumpai di dalam membeli sebuah Kartu Grafis atau yang biasa kita sebut VGA Card. Mungkin artikel yang saya buat bisa sedikit membantu Teman-teman dalam memilih sebuah Video Card.

Anti Aliasing Proses meghilangkan atau setidaknya mengurangi efek jaggies ( sidut - sudut lancip) pada suatu tampilan hasil rendering. Sehingga tampilan tampak lebih realistis.
|
|
Clock Nilai kecepatan kerja sinyal - sinyal listrik di dalam jaringan komponen elektronik atau juga pada sebuah chip dalam waktu tertentu. Nilai - nilai ini biasanya dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz), contoh MHz. |
|
DirectX Adalah API (Application Programming Interface ) yang digunakan oleh Microsoft pada operating system Windows-nya, dalam berkomunikasi dengan hardware - hardware untuk PC yang dikendalikannya. Untuk hardware-nya sendiri, diperlukan software driver yang mendukung DirectX tersebut agar dapat digunakan secara optimal. Pada urusan display dan graphic, menggunakan DirectDraw dan Direct3D, yang masih termasuk bagian dari DirectX. |
|
Entry-level Segmen dari sebuah produk yang berada pada kelas terbawah di dalam lingkup teknologi yang setingkat. Dengan harga penawaran yang relatif terjangkau, namun sedikit terbatas dalam fasilitas dan kecepatan kinerjanya. |
|
GPU Graphics Processing Unit atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU), adalah chip yang didesain untuk PC ataupun konsol game yang berfungsi khusus sebagai pemroses / rendering data grafis. Dimana selain data 2D, juga untuk data yang memiliki transformasi geometri (3D). |
 |
Heatpipe Desain kompenen pendingin yang berbentuk pipa berbahan logam. Ia berfungsi menghantarkan panas dari ujung satu ke ujung lainnya. Di dalam menghantarkan panas ini digunakan cairan khusus di dalamnya. |
|
Pixel Pipeline Unit dari sebuah GPU, tempat terjadinya transfer informasi pixel maupun pemrosesannya. Di mana, semakin banyak pixel pipeline, maka semakin banyak pula jumlah pixel yang dapat diproses oleh GPU. |
|
Vertex Processor Vertex processor atau vertex pipeline adalah salah satu unit dari GPU yang berfungsi sebagai pembawa informasi geometri (dalam bentuk titik - titik vector), atau juga langsung megolahnya jika perlu. Pemrosesannya sendiri bisa dalam bentuk fungsi tetap (pada DirectX 7.0 kebawah), atau dalam bentuk fungsi terprogram dengan vertex shader (DirectX 8.0 hingga terbaru). |
|
AGP (Accelerated Graphics Port) Salah satu standar interface dari video card yang menyediakan bandwidth antara chipset motherboard ke video card sebesar 2,1 G/s (untuk kecepatan 8x). |
|
API (Application Programming Interface) Sebuah gabungan perintah dan urutan yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi. API menyediakan bahan yang biasa diolah seperti perintah dasar, contohnya membuat windows atau tombol. Selain itu, API juga biasa digunakan untuk perintah lanjutan, misalnya mengaplikasikan bentuk timbul dalam sebuah poligon. |
|
Charisma Engine Berfungsi mengambil karakter dan lingkungan 3D untuk ditempatkan pada level selanjutnya pada jalan cerita. Di mana mesin ini akan melakukan transformasi yang kompleks, kliping, dan perhitungan pencahayaan yang cepat. |
|
Core Clock Kecepatan kerja chip grafis pada video card. Biasanya dinyatakan dalam satuan Mega Herzt (MHz). |
|
Direct3D Application Programming Interface milik Microsoft. |
|
DTV / HDTV (Digital Television) Standar tampilan pada layar televise digital dengan garis horizontal 1125 sampai dengan 1250. |
|
D-Sub Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan 15 pin pada koneksinya. |
 |
DVI-I Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendirri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital lagi. |
 |
FPU Dikenal juga sebagai numeric coprocessor, yaitu sirkuit khusus dalam microprocessor yang bekerja menangani angka dengan lebih cepat. Kelebihannya itu desebabkan oleh suatu set instruksi yang dimilikinya, yang memfokuskan diri pada operasi matematis. FPU sudah mulai banyak dipakai dalam PC, terutama untuk menangani pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan grafis. |
|
Full Scene Sort Independent Anti-aliasing Memperhalus tepian sebuah image pada game 3D atau program. |
|
Hardware Z-buffer Clear Support & Depth Buffer Teknologi control untuk mengendalikan jarak objek dari kamera pada sebuah tampilan 3D yang sudah di-render dengan tingkat presisi yang rendah sehingga menyebabkan sebuah objek seakan - akan di atas atau saling berpotongan. |
|
GPU (Graphics Processor Unit) Processor yang digunakan pada video card untuk melakukan pemrosesan gambar. |
|
IDCT (Inverse Discrete Cosine Transform) Koefisien yang terdiri dari 8x8 blok, sehingga image yang menggunakan basis IDCT pada video decoder dapat diaplikasikan ke format JPEG, MPEG1, MPEG2, MPEG4, H.261, dan H.263 standar. |
|
Memory Clock Kecepatan kerja chip memory yang biasanya dinyatakan dalam satuan Mega Hertz ( MHz). |
|
Motion Conpensation Salah satu teknik kompresi untuk video dengan menggunakan blok 16x16 pixel untuk tiap gambar. |
|
Multi-texturing via Three Texture Blending Units Pembacaan 3 texel per pixel dalam sekali siklus single clock dan single pass. |
|
OpenGL Sebuah 3D API yang didesain oleh badan standar independent. OpenGL bisa diubah dan ditambahkan pada sebuah model hardware untuk menambah fitur. |
|
PCI Express Interface Jenis interface terbaru dari video card yang mengakomodasikan teknologi PCI Express slot yang tedapat pada motherboard terbaru. Dengan mnggunakan interface ini, bandwith yang didapat lebih besar dan mencapai 16x (4,1 GB/ s) dan kelak dapat mencapai 32x. |
|
Pixel Picture Element, element terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimesnsi), dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peak cahaya. Tiap sel disebut pixel, bagi monitor atau display computer, pixel adalah titik - titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar computer. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spasial citra tersebut. |
|
Pixel Tapestry Merupakan susunan pixel yang membentuk tekstur - tekstur sulit dengan corak beragam. |
|
RAMDAC (Random Acces Memory Digital to Analog Converter) Chip pengontrol VGA yang mengatur color pallete dan convert data dari memory ke sinyal analog di monitor. |
|
S-Video Out Salah satu standar port yang digunakan pada video card untuk mengonversi tampilan ke pesawat televisi. |
|
SmartShader Teknologi ATi radeon yang mampu menggunakan sampai 6 texel input per pixel shader program, menambahkan sebuah sel instruksi dan memungkinkan program yang lebih panjang (22 instruksi per program). |
|
Smoothing Penyamanan pixel (guna penghalusan) dengan sebelah - sebelahnya, untuk mengurangi kontras dan mensimulasikan citra yang tidak focus. |
|
SmoothVision Merupakan multisampling full scene anti aliasing (FSAA) yang lebih canggih. Kelebihan SmoothVision adalah kemampuannya untuk diprogram. Pada dasarnya, SmoothVisin memungkinkan hingga 16 mode sample yang berbeda dan 16 sample per pixel untuk FSAA. |
|
TwinView Dual-Display Architecture Teknologi multidisplay dari nVIDIA. TwinView meningkatkan produktifitas dengan memungkinkan pengguna memiliki dua tampilan secara simultan tanpa membutuhkan video card kedua. |
|
Vertex Shaders Bagian dari nfiniteFX engine, Vertex Shaders digunakan untuk memberikan kesan hidup dan lebih nyata pada sebuah karakter atau tampilan layar. Sebagai contoh, melalui vertex shading, para pengembang aplikasi dapat membuat kerut yang muncul pada wajah ketika karakter tersebut tersenyum |
|
Video Shader Efek yang digunakan untuk visualisasi dengan menggunakan unit programmable shader.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar